PROPOSAL
“PRODUKSI DAN PENJUALAN
TAHU”
Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan Kec. Kepung Kab. Kediri
Proposal ini
disusun untuk memenuhi persyaratan
Ujian Nasional/Ujian
Akhir Sekolah
Disusun Oleh:
NUR MUCHAYAT
SYUKUR
YAYASAN
PENDIDIKAN”YUDHA DHARMA”
SMK
“WIYATA MANDALA” KEPUNG
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
HALAMAN
PERSETUJUAN
PROPOSAL
PRODUKSI DAN
PENJUALAN TAHU
Diajukan sebagai
salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir
Sekolah dan
Ujian Akhir Nasional
SMK WIYATA
MANDALA KEPUNG
Oleh
NUR MUCHAYAT
SYUKUR
Guru Pembimbing
(Khoirun Nafiah, SE)
HALAMAN PENGESAHAN
Dipertahankan didepan guru penguji proposal SMK “WIYATA
MANDALA” KEPUNG dan diterima untuk memenuhi sebagai persyaratan mengikuti ujian
akhir sekolah dan ujian akhir nasional.
Pada hari tanggal.......................................
Penguji : Ibu Khoirun Nafiah, SE (............................................)
Mengesahkan,
Kepala SMK
Wiyata Mandala
(Hj. Istinah, S.Pd)
KATA
PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan
rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal
ini sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian akhir nasional dan ujian akhir
sekolah.
Terima kasih penulis
haturkan kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penulis dalam
menyelesaikan proposal ini, sehingga proposal ini dapat selesai tepat pada
waktunya.
Penulis mohon maaf yang
sebesar-besarnya apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisan proposal
ini, penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kata sempurna.
Penulis mengharapkan
kritik dan saran dari pembaca sehingga
penulis dapat memperbaiki proposal
ini
agar menjadi lebih baik.
Penulis berharap semoga
proposal ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait terutama bagi
penulis sendiri dan kita semua yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai
materi kewirausahaan.
Kepung,..............................2016
Penulis
NUR
MUCHAYAT SYUKUR
Daftar Isi
HALAMAN PERSETUJUAN...................................................................................
ii
HALAMAN PENGESAHAN
.................................................................................. iii
KATA PENGANTAR................................................................................................iv
DAFTAR ISI
.............................................................................................................v
DAFTAR GAMBAR
................................................................................................vii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Nama dan Alamat Perusahaan
...................................................................1
B.
Nama dan Alamat Penaggung Jawab
.........................................................1
C.
Informasi Tentang Bisnis yang Dilakukan
....................................................1
BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
A.
Uraian Umum Tentang Usaha...................................................................
2
B.
Latar Belakang Tentang Usaha
.................................................................2
C.
Tujuan atau Potensi Dan Pembagian Waktu
............................................. 3
D.
Rumusan Masalah
....................................................................................3
BAB III ANALISIS INDUSTRI
A.
Target Pasar atau Konsumen
................................................................................4
B.
Situasi Persaingan
................................................................................................4
C.
Rencana Pemasaran
............................................................................................4
a.
Strategi Pemasaran..............................................................................................
4
b.
Masalah Penetapan Harga
.................................................................................. 5
BAB IV PENELITIAN MODAL DAN PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan Dan Rencana
...............................................................................6
B.
Hasil – Hasil Penelitian
....................................................................................... 6
BAB V ASPEK MANAJEMEN
A.
Tim Manajemen
...................................................................................................7
B.
Struktur Tenaga Kerja Dan Kepemilikan
..............................................................7
BAB VI ASPEK RESIKO
A.
Resiko Dan Hambatan
.........................................................................................8
B.
Tindakan Alternatif..............................................................................................
8
BAB VII ASPEK FINANSIAL
A.
Keuntungan Dan Kerugian
.................................................................................10
B.
Arus Kas
......................................................................................................... 10
BAB VIII ASPEK JADWAL DAN PEMBAGIAN WAKTU
A.
Penentuan Usaha Dan Tujuan Usaha..................................................................
12
B.
Batas Waktu
.....................................................................................................12
BAB IX LANDASAN LAMPIRAN
A.
Surat – Surat
.....................................................................................................13
B.
Bukti Dokumentasi
............................................................................................14
C.
Kritik Dan Saran
...............................................................................................16
D.
Kesimpulan
...................................................................................................... 16
E.
Penutup
.............................................................................................................17
Daftar Gambar
Gambar 1 : Penyelepan kedelai..............................................................................15
Gambar
2 : Merebus Hasil Penyelepannya.............................................................15
Gambar
3 : Menyaring Kedelai Yang Direbus.........................................................15
Gambar
4 : Pembentukan Sari Kedelai...................................................................15
Gambar
5 : Menunnggu Agar Mengeras.................................................................16
Gambar
6 : Hasil...................................................................................................16
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
Usaha :
Tahu Kang Mukhtar
Alamat
Usaha : Dsn. Suwaru Ds.
Damarwulan
B. Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama :
Bpk. Muhammad Mukhtar
Alamat : Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan
C.
Informasi
Tentang Bisnis yang Dilakukan
Perusahaan
ini bergerak di bidang perdagangan yaitu bahan pokok makanan Tahu yang memang
kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidup.
BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
A. Uraian Umum Tentang Usaha
Uraian umum yang dapat menunjang usaha bisnis adalah :
1. Adanya manfaat ekonomis untuk masyarakat setempat
2. Adanya kebutuhan masyarakat terhadap barang atau jasa
Uraian umum yang dapat menunjang usaha bisnis adalah :
1. Adanya manfaat ekonomis untuk masyarakat setempat
2. Adanya kebutuhan masyarakat terhadap barang atau jasa
3. Adanya dukungan dari masyarakat sekitar
4. Adanya peningkatan sosial budaya setempat
5. Adanya bahan baku dan tenaga kerja
6. Adanya sarana dan prasarana
4. Adanya peningkatan sosial budaya setempat
5. Adanya bahan baku dan tenaga kerja
6. Adanya sarana dan prasarana
B. Latar Belakang Tentang Usaha
Manusia yang hidup sudah menjadi
semacam suatu kewajiban untuk bertahan hidup ditengah-tengah masyarakat. Untuk
bertahan hidup manusia perlu berinteraksi dengan sesama manusia lain, terutama
dalam menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.
Dewasa
ini lahan pekerjaan semakin bertambah, tetapi dengan banyaknya jumlah penduduk,
peluang untuk mendapatkan pekerjaan jadi semakin kecil. Untuk itu, ada baiknya,
setiap manusia mampu berdiri sendiri dengan usahanya dalam bertahan hidup.
Usaha
dalam bertahan hidup itu diantaranya dengan membuka sendiri lahan usaha baru
untuk kita tekuni. Dengan mempertimbangkan segala sesuatunya, termasuk
ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang, yang tidak hanya diciptakan
oleh kita, tetapi untuk mempermudah juga dilihat dari aspek lingkungan.
Oleh karena itu kami mendirikan usaha produksi dan perdagangan tahu. Usaha ini
berdiri pada tahun 1990-an sampai sekarang berkembang pesat dan tetap bertahan
di lingkumgan masyarakat.
C. Tujuan atau Potensi dan Pembagian
Waktu
Tujuan dari usaha ini adalah untuk memasarkan produk hasil olahan
yaitu Tahu kepada masyarakat, memenuhi kebutuhan ekonomi serta tujuan lainnya., lebih
khusus lagi Mereka mencari laba atau untung dari usaha yang kami lakukan
tersebut. Disamping itu, lebih jauh lagi, kami berharap dapat membuat lapangan
kerja sendiri dan jika memungkinkan, kami dapat menyediakan lapangan kerja
untuk orang lain.
Jadwal Waktu Pembuatan dan Penjualan
Tahu :
No.
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
04:15 – 04:30 WIB
|
Perendaman kedelai.
|
2.
|
04:31 – 04:45 WIB
|
Mempersiapkan barang dagangan Tahu
untuk dipasarkan.
|
3.
|
04:46 – 08.00 WIB
|
Proses penjulan Tahu yang sudah di
buat secara indoor maupun outdoor.
|
4.
|
13:30 – 14:15 WIB
|
Proses penggilingan Kedelai
|
5.
|
14:16 – 15:45 WIB
|
Proses perebusan kedelai yang
sudah digiling.
|
6.
|
15:46 – 17:35 WIB
|
Proses pemerasan kedelai yang
sudah direbus sekaligus pencetakan sari kedelai.
|
D.
Rumusan
Masalah
a) Bagaiman
Prosedur Pembuatan Tahu?
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
A.
Target
Pasar atau Konsumen
- Masyarakat sekitar tempat tinggal kami
- Masyarakat sekitar tempat usaha pada
umumnya.
-
Selain itu Pemasaran dapat dilakukan dengan keliling disekitar daerah
lainnya
B.
Situasi
Persaingan
Situasi persaingan yang kami hadapi dalam mendirikan
usaha ini yaitu cukup ketat dan bersaing ketat mengingat banyaknya industri
rumah tangga yang memproduksi produk yang sama. Oleh karena itu, kami
senantiasa menghasilkan produk yang berkualitas agar mendapatkan peluang emas
dalam mengembangkan usaha kami ini. Namun apabila suatu saat ada usaha
yang akan menyamai usaha kami, maka kami
akan terus mengasah kepekaan dan kreativitas kami untuk menjadikan usaha ini
menjadi usaha yang lebih sukses.
C.
Rencana
Pemasaran
A.
Strategi Pemasaran
Rencana pemasaran yang dilakukan :
a)
Keterangan
Produk
Produk yang akan kami
produksi yaitu Tahu. Dengan bentuk lebih besar, maka masyarakat luas akan
tertarik dan penasaran serta puas dengan produk kami.
b) Harga Produk
Harga yang kami tawarkan
cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Harga tersebut tergantung dari ukuran
produk, semakin besar ukuran produk maka semakin tinggi pula harga yang kami
tawarkan.
c)
Jalur
Penjulan
Penjualan Produk dan jasa
akan kami lakukan secara indoor dan outdoor, dimana tidak hanya di tempat usaha
tapi kami akan keliling daerah sekitarnaya.
B.
Masalah
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau
oleh masyarakat sekitar. Adapun
permasalahannya adalah apabila harga bahan baku maupun bahan pelengkap lainnya
yang kami akan olah menjadi TAHU menjulang tinggi serta adanya beberapa beban
yang harus kami perhitungkan, maka produk tersebut akan tidak terlalu laku di
pasaran karena beralih ke produk Tahu lain yang lebih murah. Namun, kami selaku
wirausahawan yang handal, maka kami tidak akan berhenti mencoba mencari solusi
dari permasalahan tersebut.
Penetapan
Haga Produk:
NO.
|
Harga
|
Barang
|
1.
|
Rp.
400
|
1 Buah Tahu
|
2.
|
Rp.
2.000
|
5 Buah Tahu
|
3.
|
Rp.
20.000
|
50 Buah Tahu
|
4.
|
Rp.
50.000
|
125 Buah Tahu
|
5.
|
Rp.
100.000
|
250 Buah Tahu
|
BAB
IV
PENELITIAN
MODAL DAN PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan Dan Rencana
Usaha ini akan terus
kami kembangkan dengan semangat dan komitmen yang kuat, bahkan kami akan
mencoba membuka cabang produksi TAHU di beberapa daerah.
B.
Hasil – Hasil Penelitian
Menurut hasil
penelitian kami, usaha TAHU yang berdiri di daerah Suwaru ini kurang melakukan
perbaikan tempat kerjanya, contohnya atap yang berlubang sehingga waktu
pembuatan ketika hujan diberhentikan sejenak dan mulai bekerja lagi apabila
hujan sudah reda.
BAB V
ASPEK
MANAJEMEN
A.
Tim
Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dan sekeluarga dengan sistem bagi modal dan
dikelola secara bersama-sama terdiri 2 orang pasangan suami istri yang
dikerjakan bersama–sama dalam produksi dan penjualan TAHU, karena anaknya 3
masih kecil dan 1 kuliah jadi tidak bisa membantu.
B.
Struktur
Tenaga Kerja Dan Kepemilikan
BAB
VI
ASPEK
RESIKO
A. Resiko
Dan Hambatan
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pedagang - pedagang yang
menjual TAHU yang lebih murah, adanya
manajemen pengelolah yang kurang rapi, terdapatnya cacat pada barang yang akan
didistribusikan, tempat yang kurang strategis, respon dari masyarakat yang
kurang baik dan lainnya.
B.
Tindakan Alternatif
Berikut ini adalah
tindakan-tindakan alternatif kami dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko
tersebut:
1.
Kami
akan mengikati kerjasama yang baik dengan beberapa pelanggan.
2.
Kami
akan membuat ciri khas tertentu produk kami baik dari segi bentuk dan manfaat
bagi tubuh.
Strength
(Kekuatan)
1.
Harga TAHU cukup terjangkau
oleh kalangan masyarakat.
2.
Kualitas dari TAHU ini sangat
terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk
kesehatan.
3.
Tahu ini mempunyai criteria
yang tebal dan besar.
Weaknes
(Kelemahan)
1. Tahu yang mudah rusak.
2. Tahu akan mudah rusak jika
penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.
Oportunity
(Peluang)
a. Kondisi
masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan
produk.
b. Permintaan pasar yang
semakin meningkat.
Threaty (Ancaman) :
Munculnya produsen- produsen
baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka
ragam promosi diskon, kenaikan harga
bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.
BAB VII
ASPEK FINANSIAL
A.
Keuntungan dan kerugian
Apabila kami
menjalankan usaha ini dengan lancar dan sukses, maka secara otomatis kami akan
mendapatkan beberapa keuntungan yang cukup besar. Kami berusaha agar usaha kami
ini tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan manajemen keuangan yang baik.
B. Arus
Kas
Adapun
perhitungan rugi/laba selama proses produksi hingga proses pemasaran TAHU ini dan
laba yang diperoleh dalam 1 hari :
Modal :
1 bak kedelai Rp. 8.000 / 20 kg x 8 bak = Rp. 64.000
Biaya pembungkus = Rp. 15.000
Biaya
transportasi = Rp. 15.000
Total =
Rp. 94.000,-
Harga jual Tahu ini :
8 bak kedelai menghasilkan 600 biji TAHU,
1
biji TAHU harganya Rp. 400 jadi
:
Maka dalam sehari Rp.
400 x 600 =
Rp. 240.000
Jadi labanya = Harga Jual – Modal
Rp.
240.000 – Rp. 94.000
= Rp. 146.000
tiap memproduksi
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut :
& Modal
§
Modal 1 kali memproduksi /
hari Rp. 94.000
§
Modal
dalam 1 minggu Rp. 658.000
§
Modal
dalam 1 bulan Rp.
2.820.000
& Laba
§
Laba
dalam 1 hari
Rp. 146.000
§
Laba
dalam 1 minggu Rp. 1.022.000
§
Laba
dalam 1
bulan
Rp. 4.380.000
BAB VIII
ASPEK JADWAL DAN PEMBAGIAN WAKTU
A.
Penentuan Waktu dan Tujuan Usaha
Tujuan dari mendirikan
usaha ini :
1. Mengaplikasikan hobi.
2. Mengembangkan talenta yang dimiliki terutama dalam bidang usaha.
3. Menambah pengalaman.
4. Mengurangi penggaguran dengan menjadi seorang usahawan sejak dini.
5. Memperbanyak relasi.
1. Mengaplikasikan hobi.
2. Mengembangkan talenta yang dimiliki terutama dalam bidang usaha.
3. Menambah pengalaman.
4. Mengurangi penggaguran dengan menjadi seorang usahawan sejak dini.
5. Memperbanyak relasi.
6. Untuk
memenuhi kebutuhan sehari – hari.
B.
Batas
Waktu
Pembagian waktu yang kami rencanakan :
Jam kerja lokasi pemasaran konsumen
05.00 - 08.00 kang Mukhtar berdagang keliling ke daerah selatan dan barat.
05.00 - 08.00 kang Mukhtar berdagang keliling ke daerah selatan dan barat.
05.00 - 08.00 Bu Siti
Nurwaqiah berdagang keliling ke daerah utara dan timur
24 jam berdagang di rumah.
24 jam berdagang di rumah.
BAB IX
LAMPIRAN
A.
Surat-Surat
Kepada:
Yth. Kang Mukhtar
Jawa Timur
Di_SUWARU
SURAT
PERMOHONAN IZIN USAHA PERDAGANGAN
Nomor:………………………………………………………………………
I.IDENTITAS PERMOHONAN IZIN
|
1.
(
) Mendirikan perusahaan
2.
(X) memperluas perusahaan
3.
(
) memperkecil perusahaan
4.
(
) mengalihkan perusahaan
5.
(
) memindahkan perusahaan
6.
(
) mengubah perusahaan
|
II.IDENTITAS PERUSAHAAN
1.
Nama
perusahaan
2.
Bentuk perusahaan
3.
Alamat
4.
Lokasi perusahaan
|
: TAHU Kang Mukhtar
: Perusahaan
: Dsn.
Kenteng Barat Ds. Besowo
: perusahaan berada di sekitar rumah
|
III. IDENTITAS PEMILIK
JAWAB
a.
Nama lengkap
b.
TTL
c.
Alamat rumah
|
: Muhammad Mukhtar
: 12 Juni
1992
: Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan
|
YAYASAN PENDIDIKAN
YUDHA DHARMA
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AKUNTANSI
TEKNIK
KOMPUTER DAN JARINGAN
STATUS :
TERAKREDITASI “B”
NSS.
344051310008 – NDS. E – 17124201
Alamat : Jl. Pare, No. 10, Ds. Damarwulan, Kepung – Kediri,
Telp. (0354) 328631
E-Mail :
wiyatamandalakepung@gmail.com
|
Nomor : 529 /SMK-WM/V/2016 Kepung,
18 Mei 2016
Lamp :
-
Hal : Permohonan Pelaksanaan
Magang
atau PKL
Kepada
Yth.
Bapak Muhammad Muchtar
Di-
Tempat
Dengan Hormat,
Kami memberitahukan bahwa SMK
WIYATA MANDALA Kepung, melakukan program pelaksanaan magang pada perusahaan
swasta maupun negeri lainnya. Untuk itu sebagai kelanjutan, pemantapan dan
pengembangan program, kami mengajukan permohonan agar siswi yang bernama Nur Muchayat Syukur Kelas
XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
Tahun Ajaran 2015/2016 melaksanakan program magang pada perusahaan yang
Bapak/Ibu Pimpin.
Kami percaya Bapak/Ibu akan
berkenan membantu kami dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Menengah Kejuruan
pada umumnya dan khususnya SMK WIYATA MANDALA Kepung.
Demikian atas segala bantuan dan perhatian kami
ucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah,
Hj.
ISTINAH, S.Pd
B. Bukti
Dokumentasi
C.
Kritik
dan Saran
Dengan kondisi ekonomi saat ini, diharapkan banyak
bermunculan wirausaha muda yang kreatif yang dapat mengembangkan perekonomian
negara. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dibutuhkan adanya
keseriusan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang digeluti meskipun
berawal dari usaha yang kecil. Dan bagi para wirausaha yang bergerak di bidang
kuliner, diharapkan bisa memberikan produk yang memuaskan masyarakat dengan
selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatannya.
D.
Kesimpulan
Dalam mendirikan usaha kecil, seorang wirausaha
harus mempunyai jiwa kewirausahaan. Selain itu, harus mempunyai tekad dan
komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang akan dijalankan. Kita harus bisa
membaca kondisi pasar sehingga kita dapat meminimalisir resiko yang mungkin
terjadi. Usaha yang telah saya pilih merupakan pilihan terbaik dari beberapa
usaha kecil yang telah saya pertimbangkan sebelumnya, karena usaha ini cukup
menjanjikan bagi pengusaha kecil yang baru terjun ke dunia wirausaha.
E.
Penutup
Assallamuallaikum Wr. Wb.
Allhamdullilah
puji syukur siswa panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
serta hidayahnya kepada kami semua, sehingga dalam kesempatan ini siswa bisa
menyusun proposal sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian akhir
sekolah dan ujian akhir nasional
Dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih
kepada semua pihak terutama :
1.
Kepala SMK WIYATA
MANDALA, Ibu Hj. Istinah,
S.Pd.
2.
Guru Pembimbing, Ibu Khoirun Nafi’ah,
SE.
3.
Pemilik Perusahaan, Bapak Mukhtar yang telah bersedia
menerima kami,
Bapak dan Ibu serta teman-teman yang
senantiasa memberikan dukungan do’a
Demikian laporan ini kami susun,apabila
ada lebih dan kurangnya siswa kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassallamuallaikum Wr. Wb.