Contoh Proposal Produksi Tahu@MasKhay

PROPOSAL
“PRODUKSI DAN PENJUALAN TAHU”
Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan Kec. Kepung Kab. Kediri

Proposal ini disusun untuk memenuhi persyaratan
Ujian Nasional/Ujian Akhir Sekolah









Disusun Oleh:
NUR MUCHAYAT SYUKUR




YAYASAN PENDIDIKAN”YUDHA DHARMA”
SMK “WIYATA MANDALA” KEPUNG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HALAMAN PERSETUJUAN
PROPOSAL

PRODUKSI DAN PENJUALAN TAHU
Diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir
Sekolah dan Ujian Akhir Nasional
SMK WIYATA MANDALA KEPUNG






Oleh
NUR MUCHAYAT SYUKUR







Guru Pembimbing




(Khoirun Nafiah, SE)






HALAMAN PENGESAHAN

          Dipertahankan didepan guru penguji proposal SMK “WIYATA MANDALA” KEPUNG dan diterima untuk memenuhi sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional.

          Pada hari tanggal.......................................





         Penguji : Ibu Khoirun Nafiah, SE                                 (............................................)                                    







Mengesahkan,
Kepala SMK Wiyata Mandala






(Hj. Istinah, S.Pd)




KATA PENGANTAR

          Puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian akhir nasional dan ujian akhir sekolah.
Terima kasih penulis haturkan kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penulis dalam menyelesaikan proposal ini, sehingga proposal ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisan proposal ini, penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kata sempurna.
Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki proposal ini agar menjadi lebih baik.
Penulis berharap semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait terutama bagi penulis sendiri dan kita semua yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai materi kewirausahaan.





Kepung,..............................2016
Penulis

NUR MUCHAYAT SYUKUR





                                                      Daftar Isi

HALAMAN PERSETUJUAN................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................................. iii
KATA PENGANTAR................................................................................................iv
DAFTAR ISI .............................................................................................................v
DAFTAR GAMBAR ................................................................................................vii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Nama dan Alamat Perusahaan ...................................................................1
B.     Nama dan Alamat Penaggung Jawab .........................................................1
C.     Informasi Tentang Bisnis yang Dilakukan ....................................................1
BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
A.    Uraian Umum Tentang Usaha................................................................... 2
B.     Latar Belakang Tentang Usaha .................................................................2
C.     Tujuan atau Potensi Dan Pembagian Waktu ............................................. 3
D.    Rumusan Masalah ....................................................................................3
BAB III ANALISIS INDUSTRI
A.    Target Pasar atau Konsumen ................................................................................4
B.     Situasi Persaingan ................................................................................................4
C.     Rencana Pemasaran ............................................................................................4
a.       Strategi Pemasaran.............................................................................................. 4
b.      Masalah Penetapan Harga .................................................................................. 5
BAB IV PENELITIAN MODAL DAN PENGEMBANGAN
A.    Pengembangan Dan Rencana ...............................................................................6
B.     Hasil – Hasil Penelitian ....................................................................................... 6
BAB V ASPEK MANAJEMEN
A.    Tim Manajemen ...................................................................................................7
B.     Struktur Tenaga Kerja Dan Kepemilikan ..............................................................7
BAB VI ASPEK RESIKO
A.    Resiko Dan Hambatan .........................................................................................8
B.     Tindakan Alternatif.............................................................................................. 8
BAB VII ASPEK FINANSIAL
A.    Keuntungan Dan Kerugian .................................................................................10
B.     Arus Kas ......................................................................................................... 10

BAB VIII ASPEK JADWAL DAN PEMBAGIAN WAKTU
A.    Penentuan Usaha Dan Tujuan Usaha.................................................................. 12
B.     Batas Waktu .....................................................................................................12
BAB IX LANDASAN LAMPIRAN
A.    Surat – Surat .....................................................................................................13
B.     Bukti Dokumentasi ............................................................................................14
C.     Kritik Dan Saran ...............................................................................................16
D.    Kesimpulan ...................................................................................................... 16
E.     Penutup .............................................................................................................17





                                                 Daftar Gambar

Gambar 1 : Penyelepan kedelai..............................................................................15
Gambar 2 : Merebus Hasil Penyelepannya.............................................................15
Gambar 3 : Menyaring Kedelai Yang Direbus.........................................................15
Gambar 4 : Pembentukan Sari Kedelai...................................................................15
Gambar 5 : Menunnggu Agar Mengeras.................................................................16
Gambar 6 : Hasil...................................................................................................16


                                                                                                                                                                          


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Usaha                : Tahu Kang Mukhtar
Alamat Usaha             : Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan

B.     Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama                          : Bpk. Muhammad Mukhtar
Alamat                        : Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan

C.    Informasi Tentang Bisnis yang Dilakukan
            Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan yaitu bahan pokok makanan Tahu yang memang kebutuhan manusia untuk mempertahankan hidup.
           


 

BAB II
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA

A.    Uraian Umum Tentang Usaha
Uraian umum yang dapat menunjang usaha bisnis adalah :
1. Adanya manfaat ekonomis untuk masyarakat setempat
2. Adanya kebutuhan masyarakat terhadap barang atau jasa
3. Adanya dukungan dari masyarakat sekitar
4. Adanya peningkatan sosial budaya setempat
5. Adanya bahan baku dan tenaga kerja
6. Adanya sarana dan prasarana

B.     Latar Belakang Tentang Usaha
            Manusia yang hidup sudah menjadi semacam suatu kewajiban untuk bertahan hidup ditengah-tengah masyarakat. Untuk bertahan hidup manusia perlu berinteraksi dengan sesama manusia lain, terutama dalam menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.
            Dewasa ini lahan pekerjaan semakin bertambah, tetapi dengan banyaknya jumlah penduduk, peluang untuk mendapatkan pekerjaan jadi semakin kecil. Untuk itu, ada baiknya, setiap manusia mampu berdiri sendiri dengan usahanya dalam bertahan hidup.
            Usaha dalam bertahan hidup itu diantaranya dengan membuka sendiri lahan usaha baru untuk kita tekuni. Dengan mempertimbangkan segala sesuatunya, termasuk ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang, yang tidak hanya diciptakan oleh kita, tetapi untuk mempermudah juga dilihat dari aspek lingkungan. Oleh karena itu kami mendirikan usaha produksi dan perdagangan tahu. Usaha ini berdiri pada tahun 1990-an sampai sekarang berkembang pesat dan tetap bertahan di lingkumgan masyarakat.







C.    Tujuan atau Potensi dan Pembagian Waktu
            Tujuan dari usaha ini adalah untuk memasarkan produk hasil olahan yaitu Tahu kepada masyarakat, memenuhi kebutuhan ekonomi serta tujuan lainnya., lebih khusus lagi Mereka mencari laba atau untung dari usaha yang kami lakukan tersebut. Disamping itu, lebih jauh lagi, kami berharap dapat membuat lapangan kerja sendiri dan jika memungkinkan, kami dapat menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.

Jadwal Waktu Pembuatan dan Penjualan Tahu :
No.
Waktu
Keterangan
1.
04:15 – 04:30 WIB
Perendaman kedelai.
2.
04:31 – 04:45 WIB
Mempersiapkan barang dagangan Tahu untuk dipasarkan.
3.
04:46 – 08.00 WIB
Proses penjulan Tahu yang sudah di buat secara indoor maupun outdoor.
4.
13:30 – 14:15 WIB
Proses penggilingan Kedelai
5.
14:16 – 15:45 WIB
Proses perebusan kedelai yang sudah digiling.
6.
15:46 – 17:35 WIB
Proses pemerasan kedelai yang sudah direbus sekaligus pencetakan sari kedelai.


D.    Rumusan Masalah
a)      Bagaiman Prosedur Pembuatan Tahu?


 
BAB III
ANALISIS  INDUSTRI
A.    Target Pasar atau Konsumen
-   Masyarakat sekitar tempat tinggal kami
-   Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya.
-  Selain itu Pemasaran dapat dilakukan dengan keliling disekitar daerah lainnya

B.     Situasi Persaingan
              Situasi persaingan yang kami hadapi dalam mendirikan usaha ini yaitu cukup ketat dan bersaing ketat mengingat banyaknya industri rumah tangga yang memproduksi produk yang sama. Oleh karena itu, kami senantiasa menghasilkan produk yang berkualitas agar mendapatkan peluang emas dalam mengembangkan usaha kami ini. Namun apabila suatu saat ada usaha yang  akan menyamai usaha kami, maka kami akan terus mengasah kepekaan dan kreativitas kami untuk menjadikan usaha ini menjadi usaha yang lebih sukses.

C.    Rencana Pemasaran
A.    Strategi Pemasaran
Rencana pemasaran yang dilakukan :
a)      Keterangan Produk
Produk yang akan kami produksi yaitu Tahu. Dengan bentuk lebih besar, maka masyarakat luas akan tertarik dan penasaran serta puas dengan produk kami.
b)      Harga Produk
Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Harga tersebut tergantung dari ukuran produk, semakin besar ukuran produk maka semakin tinggi pula harga yang kami tawarkan.
c)      Jalur Penjulan
Penjualan Produk dan jasa akan kami lakukan secara indoor dan outdoor, dimana tidak hanya di tempat usaha tapi kami akan keliling daerah sekitarnaya.




B.     Masalah Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Adapun permasalahannya adalah apabila harga bahan baku maupun bahan pelengkap lainnya yang kami akan olah menjadi TAHU menjulang tinggi serta adanya beberapa beban yang harus kami perhitungkan, maka produk tersebut akan tidak terlalu laku di pasaran karena beralih ke produk Tahu lain yang lebih murah. Namun, kami selaku wirausahawan yang handal, maka kami tidak akan berhenti mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Penetapan Haga Produk:
NO.
Harga
Barang
1.
Rp. 400
1 Buah Tahu
2.
Rp. 2.000
5 Buah Tahu
3.
Rp. 20.000
50  Buah Tahu
4.
Rp. 50.000
125 Buah Tahu
5.
Rp. 100.000
250 Buah Tahu





BAB IV
PENELITIAN MODAL DAN PENGEMBANGAN


A.    Pengembangan Dan Rencana
Usaha ini akan terus kami kembangkan dengan semangat dan komitmen yang kuat, bahkan kami akan mencoba membuka cabang produksi TAHU di beberapa daerah.

B.     Hasil – Hasil Penelitian
Menurut hasil penelitian kami, usaha TAHU yang berdiri di daerah Suwaru ini kurang melakukan perbaikan tempat kerjanya, contohnya atap yang berlubang sehingga waktu pembuatan ketika hujan diberhentikan sejenak dan mulai bekerja lagi apabila hujan sudah reda.










BAB V
ASPEK MANAJEMEN


A.    Tim Manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dan sekeluarga dengan sistem bagi modal dan dikelola secara bersama-sama terdiri 2 orang pasangan suami istri yang dikerjakan bersama–sama dalam produksi dan penjualan TAHU, karena anaknya 3 masih kecil dan 1 kuliah jadi tidak bisa membantu.

B.     Struktur Tenaga Kerja Dan Kepemilikan





BAB VI
ASPEK RESIKO


A.    Resiko Dan Hambatan
 Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pedagang - pedagang yang menjual TAHU yang lebih murah, adanya manajemen pengelolah yang kurang rapi, terdapatnya cacat pada barang yang akan didistribusikan, tempat yang kurang strategis, respon dari masyarakat yang kurang baik dan lainnya.

B.     Tindakan Alternatif
Berikut ini adalah tindakan-tindakan alternatif kami dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko tersebut:
1.      Kami akan mengikati kerjasama yang baik dengan beberapa pelanggan.
2.      Kami akan membuat ciri khas tertentu produk kami baik dari segi bentuk dan manfaat bagi tubuh.

Strength (Kekuatan)
1.      Harga TAHU cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat.
2.      Kualitas dari TAHU ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
3.      Tahu ini mempunyai criteria yang tebal dan besar.

Weaknes (Kelemahan)
1.    Tahu yang mudah rusak.
2.    Tahu akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk.







Oportunity (Peluang) 
a.     Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk.
b.    Permintaan pasar yang semakin meningkat.
Threaty (Ancaman) :
Munculnya produsen- produsen baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.









BAB VII
ASPEK FINANSIAL


A.    Keuntungan dan kerugian
Apabila kami menjalankan usaha ini dengan lancar dan sukses, maka secara otomatis kami akan mendapatkan beberapa keuntungan yang cukup besar. Kami berusaha agar usaha kami ini tidak mengalami kerugian. Dengan melakukan manajemen keuangan yang baik.

B.     Arus Kas
Adapun perhitungan rugi/laba selama proses produksi hingga proses pemasaran TAHU ini dan laba yang diperoleh dalam 1 hari :
Modal :
1 bak kedelai Rp. 8.000 / 20 kg     x    8 bak              = Rp. 64.000
Biaya pembungkus                                                      = Rp. 15.000
Biaya transportasi                                                       = Rp. 15.000
Total                                                                            = Rp. 94.000,-

Harga jual Tahu ini :
8 bak kedelai menghasilkan    600 biji TAHU,
1 biji TAHU harganya            Rp. 400 jadi :
Maka dalam sehari                  Rp. 400    x    600       = Rp. 240.000

Jadi labanya                            =  Harga Jual – Modal
    Rp. 240.000  – Rp. 94.000
=  Rp. 146.000  tiap memproduksi

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Modal
§    Modal  1 kali memproduksi / hari            Rp. 94.000
§    Modal dalam 1 minggu                             Rp. 658.000
§    Modal dalam 1 bulan                                Rp. 2.820.000


Laba
§    Laba dalam 1 hari                                     Rp. 146.000
§    Laba dalam 1 minggu                               Rp. 1.022.000
§    Laba dalam 1 bulan                                   Rp. 4.380.000





BAB VIII
ASPEK JADWAL DAN PEMBAGIAN WAKTU


A.    Penentuan Waktu dan Tujuan Usaha
Tujuan dari mendirikan usaha ini :
1. Mengaplikasikan hobi.
2. Mengembangkan talenta yang dimiliki terutama dalam bidang usaha.
3. Menambah pengalaman.
4. Mengurangi penggaguran dengan menjadi seorang usahawan sejak dini.
5. Memperbanyak relasi.
6. Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

B.     Batas Waktu
Pembagian waktu yang kami rencanakan :
Jam kerja lokasi pemasaran konsumen
05.00 - 08.00 kang Mukhtar berdagang keliling ke daerah selatan dan barat.
05.00 - 08.00 Bu Siti Nurwaqiah berdagang keliling ke daerah utara dan timur
24 jam berdagang di rumah.


BAB IX
LAMPIRAN
A.    Surat-Surat

Kepada:
Yth. Kang Mukhtar
Jawa Timur
Di_SUWARU

SURAT PERMOHONAN IZIN USAHA PERDAGANGAN
Nomor:………………………………………………………………………
I.IDENTITAS PERMOHONAN IZIN
1.      (  ) Mendirikan perusahaan
2.      (X) memperluas perusahaan
3.      (  ) memperkecil perusahaan
4.      (  ) mengalihkan perusahaan
5.      (  ) memindahkan perusahaan
6.      (  ) mengubah perusahaan
II.IDENTITAS PERUSAHAAN

1.      Nama  perusahaan
2.      Bentuk perusahaan
3.      Alamat
4.      Lokasi perusahaan



: TAHU Kang Mukhtar
: Perusahaan
: Dsn. Kenteng Barat Ds. Besowo
: perusahaan berada di sekitar rumah
III. IDENTITAS PEMILIK
JAWAB
a.       Nama lengkap
b.      TTL
c.       Alamat rumah


: Muhammad Mukhtar
: 12 Juni 1992
: Dsn. Suwaru Ds. Damarwulan









YAYASAN  PENDIDIKAN  YUDHA  DHARMA
SMK “ WIYATA  MANDALA “
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
STATUS  : TERAKREDITASI “B”
NSS. 344051310008 – NDS. E – 17124201
Alamat : Jl. Pare, No. 10, Ds. Damarwulan, Kepung – Kediri, Telp. (0354) 328631





Nomor          : 529 /SMK-WM/V/2016                                                           Kepung, 18 Mei 2016
Lamp            :    -        
Hal               : Permohonan Pelaksanaan
           Magang atau PKL

Kepada
Yth. Bapak Muhammad Muchtar 
Di-
Tempat

Dengan Hormat,
Kami memberitahukan bahwa SMK WIYATA MANDALA Kepung, melakukan program pelaksanaan magang pada perusahaan swasta maupun negeri lainnya. Untuk itu sebagai kelanjutan, pemantapan dan pengembangan program, kami mengajukan permohonan agar siswi yang bernama Nur Muchayat Syukur Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Tahun Ajaran 2015/2016 melaksanakan program magang pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.
Kami percaya Bapak/Ibu akan berkenan membantu kami dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Menengah Kejuruan pada umumnya dan khususnya SMK WIYATA MANDALA Kepung.
Demikian atas segala bantuan dan perhatian kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah,



Hj. ISTINAH, S.Pd



B. Bukti Dokumentasi
  






















Gambar 1: Penyelepan Kedelai.         


 



















   














             
Gambar 2: Merebus Hasil Penyelepannya.
   
 
Gambar 3: Penyaringan Kedelai yang Direbus. 

Gambar 4: Pembentukan Sari Kedelai.
  Gambar 5: Menunggu Agar Mengeras                     

Gambar 6: Hasil


C.     Kritik dan Saran
Dengan kondisi ekonomi saat ini, diharapkan banyak bermunculan wirausaha muda yang kreatif yang dapat mengembangkan perekonomian negara. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses dibutuhkan adanya keseriusan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang digeluti meskipun berawal dari usaha yang kecil. Dan bagi para wirausaha yang bergerak di bidang kuliner, diharapkan bisa memberikan produk yang memuaskan masyarakat dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatannya.

D.    Kesimpulan
Dalam mendirikan usaha kecil, seorang wirausaha harus mempunyai jiwa kewirausahaan. Selain itu, harus mempunyai tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang akan dijalankan. Kita harus bisa membaca kondisi pasar sehingga kita dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Usaha yang telah saya pilih merupakan pilihan terbaik dari beberapa usaha kecil yang telah saya pertimbangkan sebelumnya, karena usaha ini cukup menjanjikan bagi pengusaha kecil yang baru terjun ke dunia wirausaha.
E.    Penutup
Assallamuallaikum Wr. Wb.
Allhamdullilah puji syukur siswa panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kami semua, sehingga dalam kesempatan ini siswa bisa menyusun proposal sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian akhir sekolah dan ujian akhir nasional
Dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama :
1.         Kepala SMK WIYATA MANDALA, Ibu Hj. Istinah, S.Pd.
2.         Guru Pembimbing, Ibu Khoirun Nafi’ah, SE.
3.         Pemilik Perusahaan, Bapak Mukhtar yang telah bersedia menerima kami,
Bapak dan Ibu serta teman-teman yang senantiasa memberikan dukungan do’a
Demikian laporan ini kami susun,apabila ada lebih dan kurangnya siswa kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassallamuallaikum Wr. Wb.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Ayo Gabung Di Maskhay Buiness

MASKHAY BUSINESS

http://www.nmcmobile.com/ Kunjungi  http://bit.ly/2yjElZa   atau  http://bit.ly/2yxOP8g اسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته ⭐ Welcome ...